NYESEL, KARNA BEGINI SAMA ZENIUS GUE GAGAL SBMPTN!


Hai semuaa~

Pertama-tama gue mau kenalin diri gue dulu, nama gue Catherine lulusan 2018 yang baru kenal Zenius sekitar pertengahan 2017. Newbie bisa dibilang.

Gue mau sedikit berbagi pengalaman gue, waktu make Zenius. Gue nggak pernah nyesel make Zenius, tapi yang gue sayangkan adalah, timingnya. Durasi gue kenal Zenius itu terlalu singkat, dan gue kenal dia cuma dengan motivasi "MAU LULUS SBMPTN" yang menurut gue kesalahan terbesar dan mendasar yang bikin gue juga gagal di SBMPTN 2018 kemaren.

Rencana awal gue yang cuma niat belajar buat SBMPTN "doang" malah berakhir dengan gue yang dicuci otaknya!

Kacau parah!

Gue terbuai dengan apa yang ada di Zenius, gue mulai keluar jalur! Yang tadinya gue cuma mau belajar sekadar lulus, gue mulai ngejar rasa puas sama ilmu yang ditawarin Zenius. Bahkan sampe gue bikin sesi story telling gue sendiri di kelas tiap ada jam kosong. Dan beberapa temen gue ngerasa kebantu banget, karena nggak sedikit dari mereka yang belum sepenuhnya terbuka pikirannya tentang pentingnya SBMPTN yang nggak sekedar lulus doang.

Dari sini, gue mulai terpikir bikin social foundation yang menyasar orang-orang dari kalangan under privileges. Baru rencana sih, tapi kerangkanya udah jelas dikepala gue. Dan gue mulai lupa dengan tujuan awal gue buat lulus di SBMPTN mendatang. Disitu gue terbuai, dan ngerasa SBMPTN bukan lagi tujuan utama gue. Gue ngerasa harus makan semua hal yang ada di Zenius, dan tau lebih banyak lagi lebih dari sekedar lulus SBMPTN sampe akhirnya gue cukup mampu buat merealisasikan mimpi gue buat bikin socoal foundation gue sendiri.

Pas hari H SBMPTN gue nggak ngerasa ada kesulitan berarti, jauh diluar dugaan gue yang ngerasa kalau SBMPTN itu pasti horor banget, tapi ternyata nggak seburuk yang gue prediksi sebelumnya. Karena gue mikirnya, kan kemaren gue cuma fokus sama pemahaman materi buat ngebuka otak gue yang sumpek ini, bukan buat fokus di pemahaman materi buat kepentingan BER-SBMPTN-RIA melainkan cuma buat menambah wawasan gue aja. Tapi ternyata, gue bisa ngerjain lebih dari 50% soal dengan mudah, trus 10% gue agak bimbang bener nggak tuh, dan kurang lebih 5% itu gue agak ngasal karena ngerasa itu jawabannya bener, tapi nggak tau dateng dari mana, intuisi aja.

Gue bisa aja isi semua, cuma gue masih pengen coba ngerjain tuh soal lagi, tapi waktunya nggak cukup. Akhirnya, LJK gue diambil pengawas. Dan bencana pun terjadi!

Waktu pengawas ngambil LJK gue, tangan kanan gue lagi megang pulpen yang buat isi bagian pernyataan. Dan "JEBRET...!!!" LJK gue pun kecoret ��� kurang goblok apa gue coba! Gue udah capek-capek ngisi hampir 70% lebih dengan kepala nyaris ancur, trus LJK gue kecoret gitu aja?! Emang sih, kecoretnya dipinggir, tapi itu panjang dan tebel banget chuy...!!!

Mau minta LJK baru, waktunya udah ga keburu. Jadi gue pasrah dan yakin nggak lolos karena kesalahan teknis.

Disisa waktu yang ada, gue coba buat tenangin diri. Ada beberapa yang seneng diruangan itu SBMPTN udah selesai, ada yang nangis kejer nggak karuan. Tapi gue nyoba buat rileks. Kalo emang gue akan berakhir gagal di SBMPTN ini masih ada jalan lain buat gue, entah dari Jalur Mandiri atau kesempatan ditahun depan. Pokoknya nggak ada istilah jalan buntu.

Tapi akhirnya gue nggak ikut ujian PTN apapun selain SBMPTN swasta juga sama. Nggak ada duit bok, kalo mau cus kuliah di swasta! Jadinya pas gue dinyatakan dengan senang hati oleh web SBMPTN kalo gue nggak lulus, gue langsung ngabarin Koko gue, buat join di toko doi. Tadinya gue mau ngelamar di tempat lain, PT kek, atau Gramed, atau apalah... Tapi gue putusin join sama Koko gue, karna kerjanya bener-bener ga capek! Orang cuma jualan sambil jaga toko. Jadi gue bisa sambil ngulik hobi gambar gue, sama preparing SBMPTN atau bikin rencana buat social foundation yang dulu sempet gue pikirin.

Posisi toko Koko gue yang ada di Kenari dan berseberangan sama FKUI, bikin gue nggak bisa lupa sama Zenius. Satu hal dari hidup gue, yang bikin gue bisa punya mimpi besar. Meski hari itu gue nggak milih FKUI di SBMPTN tetep aja, semuanya bikin gue inget sama Jakun, almet inceran gue sampe kebawa mimpi! Dan itu ga sebentar. Mata gue sampe sensi banget sama warna kuning, kepikiran ke UI dan kegagalan gue di SBMPTN.

Tiap gue pulang didalem Transjak, pasti gue ngelamun. Andai gue kenal Zenius lebih dulu, lebih awal, dari SD kalo perlu atau dari bayi sekalian, dari dalem kandungan gitu. Mungkin gue udah punya banyak wawasan dan nggak perlu kebagi fokus gue dengan SBMPTN sama keinginan gue buat bikin social foundation. Ini juga yang bikin gue nggak fokus sama masalah teknis pas hari H. Semacem LJK yang kecoret.

Mungkin kalo LJK gue nggak kecoret sekalipun, gue belom bisa mastiin gue lolos SBMPTN hari itu, tapi sedikit banyak gue agak menyalahkan diri gue yang telat "Kenal dan Make" Zenius. Yang sejujurnya sih, gue tau Zenius udah lamaaaaa~ banget. Dari 2014 apa 2015 gitu... Malah sebelom itu secara gak sadar gue sering baca blog-blog Zenius. Tapi nggak jadi active user kayak pas mau SBMPTN kemaren.

Keterlambatan gue dalam mengenal Zenius itu bikin hidup gue mirip kayak grafik eksponen, naik-naik dan naik. Gue jadi gak terkendali buat ngulik info apapun di web Zenius, dan lupa sama masalah-masalah teknis. Jujur, mungkin gue kaget aja, sampe lupa kendaliin diri. Secara, baru kali ini gue dapet akses gila-gilaan sama ilmu yang juga gila-gilaan.

Waktu berjalan, temen-temen gue mulai sibuk ospek dan kuliah. Ada yang di swasta juga negeri. Gue yang ditebak sama temen-temen gue pasti masuk UI ternyata gagal SBMPTN, bahkan temen gue ada yang sampe nanyain ke kenalan dia yang juga kenal gue. Dia ngerasa gue masuk UI, tapi dicari dimanapun kok ga ada ��� padahal faktanya gue emang ga masuk UI tahun itu.

Ditengah kegalauan itu, gue tetep lanjut kerja, dan ketemu dua orang temen, yang bisa dibilang juga sodara gue meski kita jauh banget buat bisa dibilang sodara sih... Mereka 1-2 tahun dibawah gue, putus sekolah sejak SMP sama SD. Tapi mereka sama sekali nggak tumbuh jadi anak bermasalah dan bodoh, meski akses pendidikan mereka terputus ditengah jalan.

Pelan gue perhatiin mereka, ternyata mereka juga kelaperan ilmu kaya gue... Jadilah kita sering ngobrol tentang hal-hal yang dianggap karyawan toko lain ketinggian buat kami bahas. Semacem inflasi yang awalnya mereka bingung, trus beberapa kebijakan pemerintah, terus juga soal kurs Rupiah terhadap Dollar yang sebenernya bisa dikendaliin sama Pemerintah sendiri yang juga dibahas lengkap di Blog Zenius ini. Belom lagi gue juga terus ngedorong mereka buat ikut program kejar paket, dan nyiapin belajar dari sekarang. Materinya bisa diambil dari Zenius, dan gue bisa bantu buat diskusi kalau ada yang mereka ga ngerti.

Disini, rasa sakit akibat keterlambatan gue dalam mengenal Zenius lumayan diobatin sih... Soalnya gue nggak ngerasa jadi manusia yang useless. Disisi lain, gue tetep bisa nyiapin SBMPTN tahun selanjutnya, sambil ngajarin orang lain, itung-itung latihan sambil ngereview materi pake cara Feynman. Bisa dibilang, mereka berdua itu social subject gue buat foundation gue.

Disaat ini gue juga belajar buat ga ngulang kesalahan tahun lalu, gue coba minimalisir kesalahan yang sifatnya dari luar diri gue. Contohnya LJK yang kecoret. Tapi tahun ini sistemnya UTBK jadi, kayaknya nggak ada lagi istilah LJK kecoret ���, tapi gue tetep harus memperhitungkan kesalahan lain, biar nggak ngeganggu gue pas SBMPTN nanti.

Meski gue telat kenal Zenius, dan ada banyak hal yang bikin fokus gue terpecah kemarin, gue mau sedikit ngasih wejangan buat kalian yang juga ikut SBMPTN kayak gue tahun ini.

Sebisa mungkin jangan buru-buru. Ini kesalahan gue, karena kemaren gue ngerasa kemaren gue ngedalemin ilmu itu terlalu buru-buru. Ditambah gue yang maruk banget, pake kepengen bikin foundation ditengah kesibukan buat SBMPTN kemarin. Jadi timingnya kurang pas banget.

Sampe buat masalah teknis dan non-teknis aja nggak sempet gue siapin.

Inilah penyesalan paling besar gue, andai gue kenal Zenius lebih cepet dari ini. Mungkin aja, gue bsia punya lebih banyak waktu untuk ngelakuin yang lain. Entah itu ngebangun social foundation, atau muasin rasa laper sama kepo gue dengan ilmu yang Zenius tawarin ke gue. Semua, mungkin juga gue bisa buka sesi konsul jurusan gratis tiap jam kosong dikelas sekalian seminar sama workshop kalo perlu!

Gue harap, diangkatan 2019 ini nggak ada kasus yang sama kaya yang gue alami. Gagal SBMPTN cuma karna masalah sepele yang seharusnya nggak pernah terjadi, dan gue harap kalian nggak nyesel kenal Zenius kaya gue. Karna senyesel-nyeselnya gue, sampai detik ini Zenius masih jadi cinta pertama gue dan yang terakhir kalo untuk urusan insight-insight yang keren.

.

.

.

At least, gue mau nyampein makasih yang sebesar-besarnya buat semua Tutor Zenius. Bener-bener semuanya, meski gue ga bisa sebutin satu-satu, kalian orang hebat. Mungkin, gue atau dua orang sodara gue nggak akan kebuka pikirannya kalo nggak ketemu Zenius. And thanks a lot to my friend, Bang Michael dari Sistem Informasi Universitas Tanjungpura 2017 yang udah maksa gue make Zenius. Tanpa dia, Zenius nggak akan pernah singgah dalam kehidupan gue.

And, sedikit promote… kalau diperkenankan…

Buat kalian-kalian yang butuh lampu hias dekoratif, lampu gantung, buat plafon, void, etc. Bisa mampir ke toko Koko gue, di Plaza Kenari Mas Toko Sinar Makmur (Lantai 1 Blok F7-9), Toko Sinar Makmur 2 (Lantai 2 Blok G5), Toko Sinar Makmur 3 (Lantai 2 Blok H9). Instagram bisa mampir ke @indolighting first hand from factory. Beberapa tipe lampu bisa di custom.

Good luck buat kita semua, baik yang berjuang buat jadi mahasiswa baru di kampus impian masing-masing, maupun kalian yang udah dipeluk almamater kalian sekarang. Good luck ljuga buat para Tutor-tutor God bless you all.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Natal terindah untukku